Regenerasi Pengurus KBC

February 6, 2013 at 5:08 am Leave a comment

Regenerasi Kepengurusan Kerinci Birdwatching Club (KBC) akhirnya terealisasikan juga pada Musyawararah Besar (Mubes) KBC sore Jum’at tanggal 18 Januari 2013 Pukul 16.00 Wib, bertempat di Markas Besar (Sekretariat) KBC yang baru di Dusun Empih Kota Sungai Penuh.
Pada Mubes KBC semua pengurus dan anggota serta dewan Pembina diundang untuk ikut dalam proses pergantian Kepengurusan KBC periode 2013-2015. Namun pengurus dan anggota yang berkesempatan hadir hanya 19 orang dari anggota yang aktif, karena jumlah anggota yang hadir lebih kurang separuh dari anggota yang aktif maka Mubes tetap dilanjutkan.
 
Mubes kali ini dipimpin oleh Fheni Singaro yang merupakan Sekretaris KBC sebelumnya. Ketua (yosse) dan Bendahara (Deni Paducy) tidak dapat ikut serta dalam Mubes kali ini dikarenakan domisili sementara mereka berada diluar Kota Sungai Penuh jadi mereka menitipkan amanah agar kegiatan tetap dilanjutkan tanpa terhambat oleh ketidakhadiran mereka.
 
Tepat pukul 16.00 Wib, fheni membuka Mubes dan melaporkan secara umum kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kepengurusan sebelumnya. Mubes KBC kali ini cukup santai tapi tetap serius dengan disela sesekali dengan canda dan tawa anggota Mubes. Sebelum Mubes dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni pemilihan Pengurus KBC yang akan melanjutkan roda kepemimpinan kedepannya, Dewan Pengurus KBC yang diwakili oleh Diah memberikan sedikit arahan untuk KBC secara keseluruhannya dan untuk kelancaran kegiatan Mubes khususnya. 
 Image
             Pengarahan yang sedang disampaikan oleh perwakilan Dewan pembina (Diah)
 
Setelah Diah memberikan pengarahannya, pemimpin Mubes memberikan kesempatan kepada anggota untuk mengeluarkan pendapatnya devisi-devisi apa yang akan ditambahkan ke dalam kepengurusan dan system pemilihan yang akan digunakan. Beberapa usul dan saran disampaikan oleh anggoda Mubes, yang pertama saran dari saudara ighun, agar devisi pendidikan dan pengembangan anggota dimasukkan. Kemudian usul dari wira agar devisi survey dan ekspedisi tetap dimasukkan. Terakhir saran dari saudara ighun lagi untuk system pemilihan kita gunakan system voting dengan cara menuliskan nama yang diyakini rekan-rekan dikertas kecil yang berukuran lebih kurang 3×5 cm digulung.
 
Usul terakhir dari saudara ighun tersebut disepakati oleh seluruh anggota Mubes. Namun sebelum dilanjutkan ke pemilihan pengurus inti anggota Mubes menunjuk 3 orang yang menjadi calon coordinator KBC. Ketiga orang tersebut ialah Robby, Wira dan Ighun (Andi s.Gunawan). dari ketiga calon tersebut sebenarnya saudara wira keberatan untuk dicalonkan Karena mengingat kesibukannya yang sangat banyak, walaupun ia sudah menyampaikan alasannya anggota Mubes sepakat dilanjutkan Mubes dengan tiga orang calon tersebut.
 
Dan tindak menunggu lama, salah satu anggota langsung menyiapakan kertas kemudian dibagikan satu persatu ke anggota. Kertas yang telah ditulis  dikumpulkan dan dihitung bersama-sama untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam proses pemilihan kepengurusan KBC. Jumlah kertas yang dihitung sesuai atau sama dengan jumlah yang hadir maka kegiatan dilanjutkan dengan perhitungan suara. 
 
Hasil dari pemilihan tersebut yakni, Sdr. Robby memperoleh 10 suara, Sdr. Wira 0 Suara dan Sdr. Ighun 9 Suara. Nah dari hasil tersebut walaupun selisih satu angka namun sangat jelas siapa anggota KBC yang akan meneruskan roda kepemimpinan di tubuh KBC. Sdr. Robby sebagai top suara pada Mubes kali ini berhak menjadi Koordinator KBC dan Sdr. Ighun sebagai Sekretarisnya. 
 Image
    Sesaat Setelah Pengurus terpilih dipilih oleh Anggota
 
Image
                              Wajah-Wajah yang akan meneruskan Roda Kepemimpinan KBC
 
Untuk bendahara, semua anggota sepakat  Juwita yang ditunjuk. Sedangkan untuk Devisi-devisinya diserahkan langsung kepada Pengurus yang terpilih untuk menentukan orang-orangnya. Dan nanti disampaikan pada pertemuan berikutnya sekalian dengan rapat program kerja KBC kedepannya.
 
Mubes selesai tepat pukul 17.55 Wib, namun sebelum anggota Mubes kembali rumahnya masing-masing, pengurus terpilih diberikan kesempatan untuk berbicara didepan anggota yang hadir. Diawali dari Koordinator terpilih, Sekretaris dan Bendahara. Setelah itu Mubes ditutup secara resmi oleh pemimpih rapat. Semoga Pengurus terpilih bisa lebih mengembangkan organisasi KBC kedepannya dengan inovasi-inovasi baru yang tentunya tidak merugikan organisasi. Selamat untuk Pengurus terpilih. BraVoo KBC…. Salam Birders!!!!! (Fheni Singaro)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

TEROPONG at MASGO JAYA GUNUNG RAYA TEROPONG AWC 2013 AT RANOH KINCAI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
February 2013
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

%d bloggers like this: