Mural Competition of Bird Conservation 2012

February 22, 2012 at 5:18 am Leave a comment

Eksistensi Kerinci Birdwatching Club (KBC) dalam menyampaikan pesan konservasi dalam lingkup konservasi satwa burung patut diancungkan jempol karena pemikiran-pemikiran inovatif selalu diciptakan seperti yang dilakukan pada minggu 12 Februari 2012 kemaren, pada hari tersebut KBC mengadakan Lomba Mural (Melukis di dinding) di dinding Markas Besar atau Basecamp KBC yang berada di Jalan Gajah Mada Desa Pelayang Raya Kota Sungai Penuh (Depan Sempoa Ship, Jalan menuju Asrama Polisi Aur Duri).
Kegiatan yang bertema “Mendekatkan diri ke alam melalui kegiatan konservasi burung liar dengan beraktifitas melukis dinding/ mural” bertujuan untuk menyampaikan informasi konservasi satwa burung serta memperkenalkan atau mereview ingatan masyarakat akan pentingnya satwa burung dalam keseimbangan ekosistem kehidupan. Kegiatan ini diikuti oleh 12 tim yang setiap timnya berjumlah 2 hingga 3 orang. Tim tersebut berasal dari sekolah SMA/SMK, Kelompok Pecinta Alam dan umum. Tim yang mengikuti lomba mural, hanya dikenakan biaya Rp 30.000 (Tiga Puluh Ribu Rupiah) yang biaya tersebut dikembalikan dalam bentuk 2 tabung cat minyak (warna merah dan hitam), piagam dan snack.
Lomba mural yang dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina Kerinci Birdwatching Club (KBC) yaitu Bapak Agung Nugroho, S.Si,MA berlangsung hikmat. Tim yang bekerja cukup kompak diketuai oleh saudara Ighun menarik perhatian penduduk setempat yang antusias menyaksikan peserta lomba dalam melukis dinding yang berukuran 1,5 x 2 meter tersebut. Kegiatan dimulai pukul 09.15 Wib dan selesai pukul 12.15 ,WIb. Peserta diberikan waktu untuk menyelesaikan lukisannya selama 4 jam.
Team Work Lomba Mural Konservasi Burung Tahun 2012
Adapun tim penilai dalam kegiatan lomba mural ialah Sdr. Iding (TNKS), Sdri. Diah (TNKS) dan Sdr. Dodi (FFI). Materi penilaian lomba ada 5 point yakni Estetika, Pesan yang disampaikan, Kekompakkan tim, Ketepatan waktu dan Kesesuaian gambar dengan pesan. Jadi pada lomba mural kali ini tidak hanya gambar hasil lukisan saja dinilai namun beberapa point yang telah ditetapkan oleh juri diatas. Dewan juri yang bertugas  cukup maksimal dalam melaksanakan tugasnya, tepat pukul 12. 15 Wib dewan juri menilai hasil karya lukisan peserta. Setelah itu dewan juri melakukan musyawarah sekitar 30 menit untuk menentukan peserta yang beruntung menjadi pemenang. Senggang 30 menit tersebut, diisi oleh panitia dengan kegiatan door prize yang dipandu oleh Sdri. Fheni dengan pertanyaan-pertanyaan seputar satwa burung, TNKS dan pengetahuan umum khusus wilayah Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari panitia diberi kenang-kenangan berupa kaset, stiker kegiatan, gantungan kunci dan pin burung.
Tepat pukul 12.45 Wib, yang ditunggu oleh semua peserta akhirnya tiba juga. Dewan juri telah selesai melaksanakan musyawarah dan siap mengumumkan para pemenang lomba mural tahun 2012. Mewakili Dewan Juri yaitu Sdr. Iding mengumumkan para pemenang lomba yakni:
1.      Juara I, tim dari SMA Negeri 1 Sungai Penuh
2.      Juara II, tim dari Telkomsel Cabang Sungai Penuh
3.      Juara III, tim dari KPA Hijau Club
4.      Juara Harapan I, tim dari SMA Negeri 1 Sungai Penuh.
 Mural Juara I (Tim SMAN 1 Sungai Penuh)
Penyerahan hadiah diberikan oleh perwakilan dari sponsor kegiatan yakni Juara 1 diberikan oleh Kodim 0417 Kerinci yang diwakili oleh Pak De, Juara II diberikan oleh Ibu Neneng dari Dinas Kehutanan Kabupaten Kerinci, juara III diberikan oleh Ibu Debby dari Fauna and Flora Internasional (FFI) dan Juara Harapan I diberikan oleh Ketua Dewan Pembina kerinci Birdwatching Club (KBC) Bapak Agung Nugroho. Para pemenang mendapatkan tropi, piagam serta uang pembinaan dari KBC, jumlah masing-masing yakni juara I sebesar Rp 400.000, juara II sebesar Rp 300.000, juara III sebesar Rp 200.000 dan juara harapan I sebesar Rp 100.000.

Setelah dilaksanakannya penyerahan hadiah kepada para pemenang, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan foto bersama mengakhiri kegiatan lomba. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat dengan pesan-pesan konservasi yang diabadikan di dinding yang berada dijalan sibuk penduduk Kota Sungai Penuh. Kegiatan ini didukung dan disponsori oleh Pemkab Kerinci, Pemkot Sungai Penuh, Balai Besar TNKS, Fauna and Flora Internasional, The Rufford Small Grants Foundation dan Berkat Advertising. (Fheni Singaro)

Entry filed under: info kbc. Tags: , , , , , , , , .

Bulletin KBC Edisi 3 KBC, Not Just A Birdwatching Club

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
February 2012
M T W T F S S
« Jan   Apr »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

%d bloggers like this: