Diklat Pembentukan Anggota Penuh KBC

July 29, 2011 at 3:05 am Leave a comment

Kerinci Birdwaching Club (KBC) tidak bosan-bosannya mengadakan kegiatan untuk kemajuan organisasinya kedepan. Salah satu kegiatannya ialah Pendidikan dan Pelatihan anggota KBC. Diklat yang diadakan KBC sudah terlaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pada tahun 2010 dan 2011 namun diklat yang dilaksanakan sebelumnya hanya untuk memperkenalkan dan memberi pengetahuan tentang organisasi KBC, bagaimana cara pengamatan dan pembekalan praktek pengamatan burung, sedangkan Diklat yang kali ini dilaksanakan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya tapi tetap terdapat perbedaan diantaranya ialah Diklat kali ini bertujuan untuk mendapatkan nomor anggota dengan syarat peserta adalah anggota KBC yang telah bergabung dengan mengisi formulir pendaftaran anggota dan telah mengikuti beberapa kali kegiatan KBC.

Kedepan kegiatan Diklat KBC akan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Diklat Pembinaan untuk penyegaran dan pengenalan bagi anggota biasa yang baru bergabung. Dan Diklat Pembentukan untuk mendapatkan kartu dan nomor anggota dan mendapatkan hak-hak sebagai anggota penuh diantaranya adalah hak suara dan menjadi pengurus KBC. Pada Diklat Pembentukan peserta harus lulus ujian tertulis dan praktek serta aktif dalam klub/ telah mengikuti beberapa kali kegiatan KBC.

Rencana awal diklat diadakan dibulan Juli yakni tanggal 2 s.d 3 namun karena ada sedikit persiapan yang belum matang maka kegiatan ditunda dan terealisasikan pada hari sabtu 23 s.d minggu 24 juli 2011, bertempat di Kantor Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BTNKS). Hari pertama Diklat kegiatan diawali dengan pembekalan materi yang terdiri dari 8 materi wajib (Pengenalan alat-alat, pengenalan morfologi burung, pengenalan ekosistem burung, pengenalan jenis burung, pengenalan organisasi KBC, pengenalan kegiatan pengamatan burung, pengenalan metode penelitian dan pengenalan TNKS) yang diberikan oleh instruktur KBC. Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan ujian mengenai materi yang telah dibekali pada hari sebelumnya sekitar 1 jam dengan 30 soal essay. Setelah ujian selesai peserta langsung menuju lokasi pengamatan burung diarea persawahan dibelakang kantor Bupati Kabupaten Kerinci dimulai dari pukul 16.30 s.d 17.45 WIB.

Dalam praktek pengamatan peserta telah dibagi menjadi 4 (empat) kelompok pada hari sebelumnya. secara diam-diam instruktur menilai keaktifan dan keseriusan peserta secara individu dalam melaksanakan prosesi kegiatan diklat. Selain itu, hal lain yang dinilai pada praktek ini yakni kekompakan tim kelompok serta presentasi hasil pengamatan yang ditulis.

Diklat yang diikuti oleh 17 anggota aktif KBC berakhir pukul 18.00 WIB. Untuk hasil kelulusan peserta diklat belum bisa diumumkan karena menunggu rapat penilaian dari instruktur diklat. Direncanakan hasil diklat akan diinformasikan dalam waktu dekat. Setelah informasi diumumkan peserta yang lulus akan dikukuhkan untuk menjadi anggota tetap organisasi Kerinci Birdwaching Club (KBC). Peserta yang belum lulus diberi kesempatan untuk mengikuti ujian ulangan dengan waktu yang akan ditentukan kemudian.

Semoga diklat pembentukan anggota penuh KBC yang perdana diadakan ini bisa memberi pencerahan untuk eksistensi organisasi KBC di Kota Sungai Penuh / Kerinci dalam konsistensinya terhadap pelestarian satwa burung liar dan habitat alaminya.

Kegiatan Diklat didukung oleh The Rufford Small Grants Foundation, bagian dari project “Bird Conservation and Education in Kerinci Seblat NP, Sumatra: Building Local Foundation to Address Increasingly Chronic Pressure on Bird Habitat and Population”, project leader Agung Nugroho yang juga pendiri KBC. (Fheni Singaro)

Instruktur Diklat:
1. Agung Nugroho
2. Hadinata Karyadi
3. Dedi
4. Dian Indah Pratiwi

Peserta Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Anggota KBC tahun 2011:
1. Josse Candra (Chua)
2. Fenilia (singaro)
3. Muhammad Wira Dinata (Singo)
4. Eli Zalmi (Loli Breng)
5. Deni
6. Fitri
7. Pitah (Bohay)
8. Zerwin
9. Hengky
10. Padel
11. Rivaldi
12. Yoga
13. Rizki
14. Bungi (Diam)
15. Adi
16. Maizardi
17. Daffi

Entry filed under: info kbc. Tags: .

Kiprah KBC di Hari Bumi dan Hari Kehutanan Internasional 2011 Penawaran Bantuan Penelitian Burung di Taman Nasional Kerinci Seblat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
July 2011
M T W T F S S
« May   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d bloggers like this: