Pembinaan dan Pelatihan Pengamat Burung KBC 2011

May 24, 2011 at 10:06 am Leave a comment

Kerinci Birdwaching club atau biasa disingkat dengan KBC merupakan salah satu komunitas pecinta burung dengan kegiatannya cenderung pada pengamatan satwa burung dan habitatnya sekaligus pendataan jenis burung yang diamati. Kegiatan rutin tahunan dari KBC ialah Pendataan burung air serentak dilaksanakan diseluruh Asia bahkan Dunia pada minggu kedua dan ketiga bulan januari.

KBC sudah lama berdiri yaitu pada tanggal 24 November 2002 atau lebih kurang 8 tahun. Dalam perkembangannya KBC mulanya bernama Saka Wana Bakti Birdwaching Club (SBC) yang merupakan Satuan Karya Pramuka dibawah naungan departemen Kehutanan dan di Kerinci atau Sungai Penuh dibawah binaan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Selanjutnya untuk mengembangkan minat dan membuka kesempatan bagi kaula muda diluar SBC, maka SBC berubah nama menjadi Kerinci Birdwaching Club (KBC). Ternyata tindakan tersebut tidak sia-sia, terbukti setelah berganti nama KBC makin dikenal dan makin bisa menunjukkan eksistensinya serta grafik anggotanyapun makin tinggi.

Eksistensi KBC ini bisa dilihat dari banyaknya gebrakan-gebrakan yang dilaksanakan oleh KBC. Mulai dari pengamatan burung air yang rutin dilakukan oleh KBC tiap awal tahun serentak diseluruh dunia, mengadakan lomba pengamatan burung tingkat mula yang merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan di Pulau Sumatera tahun 2010 lalu, pengamatan-pengamatan dipemukiman/batas hutan dan bahkan dalam hutan, pembuatan Buletin hingga pembinaan KBC dengan tujuan untuk merenkrut anggota baru.

Pada tahun 2011 ini, Pembinaan KBC kembali dilaksanakan. Tujuannya tidak lain untuk regenerasi dari komunitas KBC sendiri. Pembinaan KBC kali ini merupakan pembinaan yang kedua setelah tahun 2010 silam.

Pembinaan KBC yang kedua ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut yakni hari sabtu 19 februari sampai minggu 20 februari 2011 bertempat di Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) dan di Sungai Ampuh. adapun peserta yang ikut pembinaan KBC ini terdiri dari 27 orang dengan asal pertama KPA telaga biru (Lempur), Hijau Club, Mapala STAIN Kerinci, Mapala Buana Sakti Kerinci, mahasiswa STKIP dan 6 orang anggota KBC sebagai pendamping.

Pembinaan yang dilaksanakan oleh KBC dengan Ketua pelaksana Agung Nugroho, mengemas kegiatan menjadi 2 tahap yakni tahap pertama materi ruangan yang dilaksanakan pada hari sabtu dan prakek lapangan pada hari selanjutnya.

Para peserta dari pembinaan ini sangat antusias sekali dalam mengikuti tiap materi maupun praktek lapangan. Adapun materi dalam ruangan yang disajikan adalah materi TNKS, pengantar pengamatan burung, metode pengamatan, dan pengenalan KBC pada akhir kelas dilaksanakan breafing untuk praktek lapangan serta langsung pembagian kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 hingga 4 orang. Tiap kelompok didampingi oleh anggota KBC yang telah dahulu bergabung.

Pada praktek lapangan, seluruh peserta dan panitia berangkat pukul 07.05 WIB. Lokasi pengamatan di sungai ampuh (kebun salah satu simpatisan KBC yang bernama Ibu Debby) yang berada pada ketinggian 1230 mdpl dengan koordinat S2o5,724′-E101o22,408′. Dari kantor BBTNKS peserta dan panitia berangkat dengan 2 jenis kendaraan, sebagian diangkut dengan kendaraan roda empat dan sebagiannya lagi berangkat dengan menggunakan kendaraan roda dua. Sesampainya dilokasi pukul 07.15 WIB peserta langsung menyebar dengan kelompok masing-masing yang berjumlah 9 kelompok yaitu kelompok abang pipi, rangkong, elang bondol, paok, kuntul kerbau, kuau raja, punai, bangau dan bentet kelabu.

Kelompok yang solid tersebut berpencar untuk melakukan pengamatan. Pengamatan yang dimulai pada pukul 07.15 WIB selesai pukul 09.30 WIB dengan hasil pengamatan burung yang diperoleh rata-rata adalah burung srigunting kelabu/keladi, burung rangkong, burung tangkar uli, burung pipit, burung takur bukit, burung sikatan besi, burung kutilang merbah dan cucak kerinci. Yang 2 diantaranya merupakan burung endemic sumatera.

Setelah praktek lapangan para peserta beristirahat sambil menikmati sejuknya cuaca, angin yang sepoi-sepoi bak dipantai dan ditemani carut marut sang siamang nan indah serta kicauan burung yang menari-nari diatas kepala menghilangkan penat dahaga saat melakukan pengamatan yang melelehkan keringat. Tak lama hidangan bubur kacang hijau siap disantap yang disediakan oleh panitia sambil makan peserta saling berbagi pengalaman dengan Ibu debby yang juga merupakan pecinta satwa burung. Kemudian semua kembali ke kantor TNKS untuk persentasi hasil pengamatan dari tiap kelompok.

Persentasi tiap kelompok dimulai pukul 13.00 WIB setelah Ishoma. Semua kelompok sangat bersemangat menyampaikan hasil dari kegiatannya dilapangan. 1 jam setengah persentasi berlangsung. Pada ujung pembinaan dilaksanakan diskusi projek KBC kedepan.

Acara pembinaan ini ditutup pada pukul 16.00 WIB namun sebelum kegiatan ini usai panitia memberikan suatu penghargaan bagi tiap kelompok dan peserta pribadi yang aktif dan berprestasi pada pembinaan ini. Penghargaan peseta yang berprestasi adalah gina (Masker) dan Edi hendri effendi (Mahasiswa STKIP), selanjutnya penghargaan diberikan pada kelompok yang berprestasi yakni kelompok bentet kelabu dan Puak. Terakhir penghargaan khusus diberikan pada anggota KBC yang lebih dahulu bergabung yang terdiri dari 6 orang.

Dengan diberikannya penghargaan kepada peserta dan kelompok yang berprestasi dan aktif selama mengikuti kegiatan pembinaan KBC tahun 2011 maka pembinaan tahun ini ditutup secara resmi dan peserta yang ikut pembinaan KBC tahun 2011 tinggal satu langkah lagi untuk resmi menjadi anggota KBC, yaitu cukup memberikan formulir kesediaan bergabung yang telah dibagi maka dengan otomatis mereka akan langsung bergabung dengan Kerinci Birdwaching Club.

Bagaimana? Serukan bergabung dengan Kerinci Birdwaching Club (KBC), tidak rumit ataupun berbelit-belit. Ayo, bagi teman-teman yang mau bergabung jangan ragu-ragu. Komunitas ini sangat positif sebagai alternative kegiatan yang akan meningkatkan rasa cinta alam, kepedulian dan kebanggaan terhadap lingkungan khususnya satwa burung hingga kita juga akan bisa meningkatkan wawasan kita seputar burung dan habitatnya serta upaya pelestariannya. Sampai jumpa dipembinaan KBC selanjutnya, terima kasih. (Fheni Singaro Tupan).

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

KBC GOES TO SCHOOL Kiprah KBC di Hari Bumi dan Hari Kehutanan Internasional 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
May 2011
M T W T F S S
« Feb   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d bloggers like this: