Kiprah KBC di Hari Bumi dan Hari Kehutanan Internasional 2011

May 24, 2011 at 10:17 am Leave a comment

Dalam rangka Hari Bumi dan Hari Kehutanan Internasional tahun 2011, KBC ikut memeriahkan dengan mengadakan lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD sampai kelas 3 dan lomba poster untuk Umum. Selain itu, juga ada Pameran yang dibuka oleh Beberapa Kelompok Pecinta Alam (KPA) diantaranya KPA Telaga Biru Lempur dan KPA Hijau Sungai Penuh serta dari KBC sendiri.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian hutan beserta mahkluk hidup di dalamnya. Tema yang diangkat adalah pelestarian terhadap burung liar dan habitat alaminya.

Alhamdulillah, pada event kali ini banyak yang berpartisipasi. Peserta yang ikut lebih kurang 50 Orang yang berasal dari sekolah-sekolah disekitar wilayah Kota Sungai Penuh. Kegiatan lomba yang diadakan pada Hari Minggu 8 Mei lalu, dimulai pada pukul 09.00 WIB. Pembukaan acara diawali dengan pemutaran Film Konservasi yang dilaksanakan oleh pihak TNKS yang ikut mendukung acara lomba.

Setelah pemutaran film, lomba langsung dilaksanakan hingga jam 11.00 WIB. Tenggang jam 11 ke 12 dimamfaatkan oleh dewan juri untuk menilai hasil lomba. Sambil menunggu hasil lomba dari dewan juri, para peserta dipandu panitia melaksanakan game yang berhubungan dengan pengetahuan seputar dunia Burung yang merupakan besic dari organisasi KBC sendiri. Game yang dilaksanakan selain untuk mengisi waktu luang juga berfungsi untuk menumbuh cintakan rasa kepedulian dan perlindungan terhadap satwa burung minimal dilingkungan sekitar. Permainan yang diadakan juga memberikan hadiah bagi yang aktif. Hadiahnya berupa pin burung, Pembatas Buku dan Kaset.

Tepat pukul 12.00 WIB, dewan juri selesai melaksanakan tugasnya dan langsung mengumumkan para juara lomba.
Juara Lomba Mewarnai yakni:
• Juara I dari SDN. 022 Sumur Anyir atas nama M. Habib As Shubhi
• Juara II dari TK Islam ALmadany atas nama Kholisah
• Juara III dari SD Percontohan atas nama M.Haikal
Sedangkan untuk juara Poster dimenangkan oleh:
• Juara I dari SMAN 2 Sungai Penuh atas nama Nelsi Brazilia
• Juara II dari Sispala Rimba Hijau atas nama Rifalmi Deski
• Juara III dari Kerinci Hijau Club atas nama Nofer.

Pembagian hadiah diberikan langsung oleh Bapak Najmudin (Dari TNKS yang memberikan hadiah untuk lomba Poster) dan oleh Bapak Suarman (Dari Dinas Kehutanan Kota Sungai Penuh yang memberikan hadiah untuk lomba mewarnai).

Dengan dilakukan penyerahan hadiah untuk para pemenang, maka berakhir pula acara lomba mewarnai dan poster dalam rangka hari Bumi Internasional Tahun 2011. namun sebelum semua kembali kerumah masing-masing maka dilaksanakan foto bersama untuk dokumentasi. (Fheni Singaro)

Entry filed under: birdwatching activities. Tags: .

Pembinaan dan Pelatihan Pengamat Burung KBC 2011 Diklat Pembentukan Anggota Penuh KBC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
May 2011
M T W T F S S
« Feb   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d bloggers like this: