KBC GOES TO SCHOOL

May 24, 2011 at 9:59 am Leave a comment

Ditahun 2011 Kerinci Birdwaching Club (KBC) mempunyai salah satu program kerja yakni KBC GOES TO SCHOOL yang bertujuan untuk menarik minat para siswa-siswa dalam mencintai satwa burung. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi KBC dalam eksisitasnya.

Sosialisasi KBC ke Sekolah ini dimulai dari TK Pembina. Kegiatan yang dikemas dalam sosialisasi di TK ini yakni dengan memberikan cerita dongeng tentang burung. Fokusnya dongeng burung Rangkong yang jika dikembalikan ke kehidupan manusia mempunyai filosofi yang sangat pas.
Selain mendongeng, pihak KBC juga mengenalkan beberapa jenis burung yang ada disekitar dengan menirukan suara burung dan memperagakan burung terbang dengan mengepakkan tangan keatas kebawah. Para murid TK Pembina sangat bersemangat dan antusias sekali dalam menerima sosialisasi KBC ini. Dipenghujung acara diadakannya mewarnai gambar burung rangkong.

Selanjutnya sosialisasi KBC dilaksanakan di SD Pertiwi. Di SD hanya kls V yang diijinkan oleh Kepala Sekolah. Walaupun demikian itu lebih dari cukup setidaknya dari beberapa orang disekolah bisa menyebarkan informasi sesame temannya.
Kegiatan sosialisasi di SD sedikit berbeda dengan TK, teknik yang digunakan di SD yaitu menceritakan tentang burung, fungsi dan mamfaat burung dalam kehidupan, tes kemampuan pengetahuan siswa terhadap satwa burung hingga memperkenalkan KBC secara sekilas terhadap murid-murid yang ada. Walaupun kegiatan sosialisasi yang diberikan hanya 1 jam, tapi cukup memuaskan karena semua murid yang berjumlah lebih kurang 45 orang sangat antusias dan bersemangat.

Sosialisasi tidak hanya diadakan di TK dan SD, sosialisasi berlanjut ke SMP. Kali ini SMP yang dijadikan tahap awal sosialisasi yaitu SMPN 2 Sungai Penuh. Sosialisasi di SMP diawali dengan pemutaran Film Konservasi dari pihak TNKS karena Sosialisasi kali itu KBC bergabung dengan pihak TNKS yang mensosialisasikan tentang Satwa Liar. Setelah pemutaran film, kegiatan dilanjutkan dengan memperkenalkan tentang KBC, memperkenalkan beberapa jenis burung, perlengkapan pengamatan burung, tips-tips pengamatan burung dan penghujung acara diadakan game konservasi yang dipandu oleh salah satu tim KBC.

Sosialisasi tahap awal, hanya diambil beberapa sekolah sebagai sampel atau dengan kata lain sebagai tolak ukur KBC untuk melanjutkan kegiatannya. Setelah melaksanakan beberapa sosialisasi di 3 sekolah dengan tingkatan yang berbeda, selanjutnya direncanakan akan diadakannya sosialisasi ke SMA dan Kampus-Kampus. Harapan dari KBC semoga dengan sosialisasi yang merupakan pengalaman pertama sejak KBC eksis membuahkan hasil dan mamfaat besar dalam merangsang rasa cinta terhadap satwa burung dan regenerasi dari keanggotaan KBC sendiri. (Fheni Singaro)

Entry filed under: info kbc. Tags: .

Trip 3 Danau Di Lempur Tengah Pembinaan dan Pelatihan Pengamat Burung KBC 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
May 2011
M T W T F S S
« Feb   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d bloggers like this: