Sungai Penuh Birdwatching Competition

May 14, 2010 at 3:53 am Leave a comment

Latar Belakang

Kota Sungai Penuh, yang berada di Lembah Kerinci, memiliki potensi besar sebagai area wisata alam dan pendidikan konservasi. Hal ini didukung oleh letaknya yang secara administratif dikelilingi oleh kawasan konservasi, yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat. Selain itu, kondisi geografis yang unik mulai dari lahan basah sampai perbukitan terdapat di wilayah ini. Hal tersebut mendukung beragamnya jenis burung di Kota Sungai Penuh di berbagai tipe lanskap. Dan menjadikannya daya tarik bagi penikmat kegiatan pengamatan burung. Sampai saat ini tercatat 30 jenis burung yang termasuk dalam kategori burung perkotaan dan burung air di Kota Sungai Penuh. Jumlah ini masih akan terus bertambah jika survey dilakukan di seluruh lokasi perwakilan berbagai tipe habitat.

Kegiatan pengamatan burung merupakan salah satu kegiatan yang mendukung konservasi burung agar tetap terjaga kelestariannya. Kelompok pengamat burung dari berbagai kalangan baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum akhir-akhir ini semakin berkembang di berbagai wilayah di Indonesia. Perkembangan di kalangan pengamat burung telah memunculkan suatu kegiatan bersama yang mewadahi para pengamat burung baik di tingkat lokal maupun nasional untuk melakukan pengamatan bersama, bertukar informasi dan pengalaman yang dikemas dalam bentuk kegiatan kompetisi. Kegiatan tersebut dikenal sebagai birdwatching competition (lomba pengamatan burung). Pelaksanaan lomba pengamatan burung seringkali dilengkapi dengan berbagai kegiatan lain yang bersifat edukatif dan mengangkat potensi daerah tempat pelaksanaan kegiatan.

Pelestarian burung dan habitatnya menjadi sangat penting karena burung memiliki peranan penting untuk keberlanjutan regenerasi suatu ekosistem, seperti dalam hal penyerbukan bunga, penyebaran biji dan pengontrol beberapa hewan hama. Selain itu, beberapa jenis burung termasuk dalam kategori spesies kunci yang keberadaannya sangat penting dan dapat mempengaruhi jenis lainnya. Beberapa jenis burung merupakan spesies indikator yang dapat dijadikan sebagai indikator baik atau buruknya suatu habitat, bahkan terdapat jenis burung yang termasuk dalam kategori top predator sehingga keberadaannya sangat penting dalam keseimbangan rantai makanan. Melindungi populasi burung berarti menjaga ekosistem tetap seimbang.

Dalam upaya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup harmonis dengan alam sebagai wujud menjaga bumi agar tetap nyaman, dan bertepatan dengan hari bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April, Kerinci Birwatching Club bekerjasama dengan Sekretariat Bersama Pecinta Alam Kerinci berinisiatif mengadakan kegiatan birdwatching competition di Kota Sungai Penuh. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali akan diadakan di Kota Sungai Penuh dan diharapkan dapat menjadi event tahunan.

Tujuan

Memperkenalkan keanekaragaman burung perkotaan yang ada di Kota Sungai Penuh.

Melaksanakan salah satu upaya konservasi dan pendidikan lingkungan terutama tentang burung.

Memasyarakatan aktivitas pengamatan burung sebagai kegiatan yang rekreatif dan edukatif.

Manfaat Kegiatan

Peningkatan minat masyarakat terhadap kegiatan yang bertemakan cinta alam

Pengenalan jenis burung kota di Kota Sungai Penuh

Tema

Mendekatkan Diri Pada Alam Melalui Kegiatan Pengamatan Burung

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 23 Mei 2010. Jalur lomba dimulai dari Kantor Balai Besar TNKS – Bukit Sentiong – Persawahan belakang komplek perkantoran.

Gambaran Kegiatan

Kegiatan ini berupa lomba pengamatan burung di kawasan Bukit Sentiong dan sekitarnya di Kota Sungai Penuh. Lokasi ini dipilih karena mewakili ekosistem perkotaan serta kemudahan aksesibilitas terutama bagi para peserta pemula, selain itu Bukit Sentiong merupakan salah satu landmark Kota Sungai Penuh. Lomba ini diikuti oleh berbagai kelompok pengamat burung baik pemula maupun lanjut di Sungai Penuh dan sekitarnya. Peserta akan mengidentifikasi jenis-jenis burung di jalur pengamatan dalam waktu yang telah ditentukan oleh panitia. Waktu pengamatan dimulai pukul 06.00WIB dan selesai pukul 10.00 WIB. Peserta akan langsung mengisi hasil identifikasi jenis pada booklet yang telah dibagikan. Selesai pengamatan, peserta akan mengumpulkan booklet kepada panitia.

Sebelum lomba dimulai, setiap peserta diharapkan mengikuti Technical Meeting yang diselenggarakan sehari sebelumnya. Technical meeting bertujuan agar peserta memahami aturan-aturan yang diterapkan dalam lomba sekaligus sebagai pembekalan bagi peserta yang masih awam dengan kegiatan ini.

Juri akan melakukan penilaian secara tertutup dan keputusannya tidak dapat diganggu gugat. Ketika juri melakukan penilaian akan ada acara bebas berupa games dan pembagian doorprize yang akan dipandu oleh MC. Pemenang lomba merupakan peserta yang berhasil mengidentifikasi jenis terbanyak dan memperoleh point yang tinggi. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada hari yang sama.

Peserta

Peserta lomba adalah kelompok pengamat burung, akademisi, maupun masyarakat umum. Peserta merupakan tim yang terdiri maksimal 3 orang dengan target peserta 25 tim.

Hadiah

Juara I Trophy Walikota Sungai Penuh, Sertifikat, Uang Pembinaan

Juara II Trophy Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sungai Penuh, Sertifikat, Uang Pembinaan

Juara III Trophy Kepala Balai Besar TNKS, Sertifikat, Uang Pembinaan

Juara Harapan I Trophy Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Sungai Penuh, Sertifikat, Uang Pembinaan

Juara Harapan II Trophy Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata Kota Sungai Penuh, Sertifikat, Uang Pembinaan

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran peserta sebesar Rp. 20.000,

Profil Pelaksana

Kerinci Birdwatching Club (KBC) merupakan organisasi non profit yang didirikan pada tahun 2002 dibawah pembinaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat. KBC telah mempunyai beragam aktivitas baik yang bersifat luar ruangan maupun dalam ruangan. Kegiatan di luar ruangan seperti pengamatan burung di ekosistem hutan pegunungan, hutan sekunder, ladang, di ekosistem lahan basah seperti danau, rawa dan sawah. Kegiatan yang bersifat di dalam ruangan seperti penyegaran materi dan teori tentang pengamatan burung serta prinsip-prinsip konservasi dan keanekaragaman hayati. Selain sebagai wadah aktivitas bagi para pengamat burung, KBC juga bertujuan untuk menciptakan kader konservasi dengan tujuan akhir terbentuknya masyarakat yang mengerti dan memahami pentingnya konservasi, khususnya tentang keberadaan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Kegiatan pengamatan burung yang dilakukan di berbagai tipe ekosistem baik didalam maupun diluar kawasan konservasi tidak hanya membuka wawasan tentang betapa indahnya hidupan liar yang bebas dari gangguan manusia, tapi juga merupakan kegiatan yang rekreatif dan bisa dijadikan sebagai kegiatan wisata alam dan ekowisata unggulan.

Susunan Kepanitiaan

Pembina

Najmudin, SP

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Besar TNKS

Steering Comitee

Nama  : Agung Nugroho,S.Si.,MA

Alamat: Balai Besar TNKS Jl. Basuki Rahmat 11 PO BOX 40 Sungai Penuh 37101

Profesi: Pengendali Ekosistem Hutan Muda Balai Besar TNKS

No. Hp: 08127876148

Nama  : Maryati, S.Hut.

Alamat: Jalan Sungai Bungkal No.16 Rt 05/LK02 Dusun Baru

Profesi: Assistant Research FFI-IP

No. Hp: 0813 85 073 387

Nama  : Karlina F. Kartika, S. Hut.

Alamat: Jalan Sungai Bungkal No.16 Rt 05/LK02 Dusun Baru

Profesi: Assistant Research FFI-IP

No. Hp: 0813 14 636 405

Organizing Comitee

Ketua                        : Agung Nugroho

Wakil Ketua            : Josse Hendra

Sekretaris               : Fenilia

Bendahara              : Karlina F. Kartika

Kesekretariatan   : Ari Gunawan; Reza Pendri

Seksi Acara             : Eli Zalmi; Maico Setiawan; Maya Noviana; Febrianika; Fitrihandayani; Santi Yulianti; Nirmalasari

Seksi Publikasi        : M. Misbah Satria Giri

Seksi Dokumentasi  : Mhd. Wira Dinata

Seksi Penjurian       : Maryati, Andika, Subchan, Ario

Juri Tamu               : Dr. Wilson Novarino

Entry filed under: birdwatching activities, info kbc. Tags: .

Survey Lokasi I (Danau Kerinci) KBC is recorded as the first club conducting successful birdwatching competition in Sumatra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
May 2010
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d bloggers like this: