Rekruitment Anggota KBC (reborn…)

March 10, 2009 at 6:09 am 1 comment

Setelah beberapa waktu sempat vakum dengan berbagai alasan baik teknis maupun non teknis (halah…), benih-benih KBC mulai tumbuh kembali, kami lebih suka menggunakan istilah “Reborn…”. Hal ini ditandai dengan rekruitment anggota baru sekaligus membentuk kordinator tiap-tiap sekolah. Semoga saja kelahiran kali ini bukan hanya siuman, tetapi dapat tetap eksis bahkan menjadi pelopor komunitas pengamat burung di kerinci ato bahkan jambi. mimpi kami adalah menjadi salah satu organisasi yang dikenal serta mitra kerja bagi seluruh organisasi pengamat burung dan organisasi-organisasi lingkungan lainnya di Indonesia.

Nah, dalam rangka menuju ke arah “sana”, bekerjasama dengan Balai besar TNKS, KBC mengadakan rekruitment anggota baru. Sasarannya adalah para pelajar tingkat SLTA dan Saka Wanabakti. kegiatan awal dilaksanakan selama 2 hari teori dan praktek tanggal 7-8 Maret 2009. Teori dilaksankan di kantor BBTNKS, sedangkan praktek lapang dilakukan di areal persawahan (masih disekitar kota Sungai Penuh). Kedepannya pembinaan dilaksanakan melalui praktek lapangan langsung. Peserta yang diundang merupakan perwakilan dari beberapa sekolah dan organisasi pelajar, diharapkan nantinya mereka akan menjadi pionir untuk dapat menyebarluaskan mengenai KBC serta mengembangkan keorganisasian pengamatan burung di tempatnya masing-masing.

Dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan informasi mengenai pengenalan pengamatan burung, teknik dan metode pengamatan, serta keorganisasian KBC. Pembicara berasal dari BBTNKS, FFI-Kerinci, Andalas Wildlife Study Club (AWSC), dan IPB sekaligus menjadi instruktur/ pendamping dalam kegiatan lapangan. Dalam kegiatan praktek peserta dikenalkan teknik pengamatan burung, penggunaan alat, dan penggunaan buku panduan lapangan.

Kedepannya KBC memiliki sebuah project untuk melakukan inventarisasi pada beberapa lokasi di kerinci. dukungan dana dibantu oleh Burung Indonesia. Para anggota baru nantinya akan menjadi bagian dalam pelaksanaan pengumpulan data dimaksud, dan data ini akan menjadi database KBC juga sebagai bahan sosialisasi dan kampanye mengenai pelestarian keanekaragaman hayati khususnya burung di TNKS.

Dukungan dalam bentuk apapun, kami harapkan…

Lestari….

Entry filed under: info kbc. Tags: .

Kegiatan Rutin Survey Lokasi I (Danau Kerinci)

1 Comment Add your own

  • 1. Aristo Meidian  |  August 17, 2010 at 9:12 am

    KBC ku pencinta burung dan pengen bergabung disana.tapi cba donk ada link untuk daerah kerinci seblat darah tnks lebong

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
March 2009
M T W T F S S
« Sep   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d bloggers like this: