Kegiatan Rutin

September 2, 2008 at 5:04 am Leave a comment

Setiap minggu sekali atau setidaknya sekali dalam sebulan anggota KBC melakukan kegiatan pengamatan burung secara bersama-sama dengan lokasi di sekitar Sungai Penuh, keterbatasan dana tidak memungkinkan anggota untuk melakukan kegiatan dengan lokasi yang jauh. Meskipun lokasinya di sekitar kota Sungai Penuh namun hasil yang didapatkan tetap bisa maksimal, dengan mudah kita bisa mengamati Elang tikus (Elanus caeruleus) maupun Elang hitam (Ictinaetus malayensis) dan berbagai macam jenis burung air di persawahan sekitar pemukiman. Untuk vegetasi hutan pengamatan dapat dilakukan di bukit-bukit sekitar Sungai Penuh dan kebun masyarakat.

Kegiatan rutin selain ke lapangan juga dilaksanakan di ruangan dengan aktivitas berupa pendalaman materi tentang ekologi burung-burung yang berhasil diamati, serta mempresentasikan hasil pengamatannya kepada anggota yang lain, dari sini diharapkan anggota mempunyai kemampuan untuk menyampaikan materi melalui presentasi. Hasil-hasil pengamatan dicatat dalam buku induk, hal ini untuk memudahkan agar data yang telah dikumpulkan dapat diakses dengan cepat dan tersusun rapi.

Kerinci Birdwatching Club juga mempunyai media komunikasi berupa majalah dinding yang berisi informasi seputar kegiatan KBC dan keterangan ilmiah mengenai berbagai jenis burung.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pelatihan Pengamatan Burung Kerinci Birdwatching Club Rekruitment Anggota KBC (reborn…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kerinci Birdwatching Club (KBC) adalah organisasi non profit yang berkedudukan di Sungai Penuh dan Kerinci. KBC merupakan kelompok binaan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keanggotaan terbuka untuk umum dari berbagai kalangan, profesi, kelompok usia, ataupun latar belakang pendidikan yang mempunyai minat terhadap kajian burung, peduli terhadap kelestariannya dan mempunyai jiwa konservasi.
September 2008
M T W T F S S
« Jun   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d bloggers like this: